RSS

Referensi Buku: Kado Pernikahan Terindah

29 Jan

[Barokallohu lakuma, wa Baroka ‘alaikuma, wa Jama’a bainakuma fii Khoirin.]

 

Bismillahirrohmanirrohim,

Assalāmu’alaikum wa Rohmatullohi wa Barokatuhu.

Ayyuhal Ikhwah, kali ini kami berikan kembali referensi sebuah buku yang bagus sekali untuk dijadikan sumber bacaan. Sebenarnya buku ini khusus untuk para pasangan suami istri yang baru saja menikah, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk dijadikan sumber rujukan untuk pasangan suami istri yang telah lama menjalani kehidupan rumah tangga, bahkan untuk antum yang telah berencana untuk berumah tangga dalam waktu dekat.

Kado Pernikahan Terindah

Banyak dari calon pasutri, ataupun pasutri muda dan yang telah menikah dalam waktu lama melupakan esensi – esensi penting dalam pernikahan. Pernikahan bukanlah hanya dilandasi atas perasaan suka, kagum dan cinta saja, karena semua hal tersebut bisa dibolak – balik oleh-Nya kapan saja, bisa diambil dan dicabut-Nya kapan saja. Pernikahan adalah sarana dan jalan yang di-Ridhoi-Nya untuk menggapai cinta yang hakiki untuk semua hamba-Nya, yaitu cinta karena-Nya dan cinta dalam jalan yang di-Ridhoi-Nya.

Buku ini memuat hal – hal yang Insya Alloh dapat memberikan jawaban maupun pencerahan bagaimana sebenarnya menjalani pernikahan dalam naungan syari’at-Nya. Banyak dari pasutri muda dan calon pasutri yang memiliki keinginan kuat dalam menikah, tetapi mereka tidak tahu dan bahkan salah mengambil bahan rujukan untuk menjalani dan mempersiapkan pernikahan. Mungkin buku ini tidak seperti halnya buku – buku/ novel pernikahan atau pra-pernikahan versi ABG yang banyak dibumbui lagu, sinetron, puisi yang melenceng dari syari’at-Nya, tetapi buku ini memberikan tuntunan dalam pernikahan menurut syari’at-Nya dan tuntunan Sunnah junjungan kita Rosululloh ‘Alaihi Sholatu wa Sallam.

Yang menarik dari buku ini adalah pembahasan dalam menyelami pola pikir dari masing – masing suami dan istri, keinginan yang dibutuhkan suami dan istri dalam pernikahan,  bagaimana jalan keluar dalam menghadapi konflik dan kejenuhan dalam pernikahan, seni dialogis antar pasutri, urusan ranjang, bagaimana memberikan hukuman yang pantas dan mendidik, sumber cacat dan masalah dalam pernikahan, sampai sumber keberkahan dan Rohmat-Nya dalam pernikahan.

Cinta saja tidak Cukup! Adalah satu sub-bab pendek yang bagus dalam buku ini. Karena alangkah banyaknya calon pasutri maupun pasutri merasa tertipu ketika telah syah menjadi pasangan syah sebagai suami istri, karena yang ditampilkan dan yang didapat ketika pengenalan calon adalah hal – hal yang baik saja, tetapi mereka tidak tahu bagaimana jalan keluar ketika mendapati kenyataan berbeda dari sebelumnya. Mari kita kembalikan ke Syari’at-Nya dan Sunnah Rosululloh ‘Alaihish Sholatu wa Sallam dalam menghadapi semua permasalahan pernikahan.

Daftar Isi

Paradoks yang berkembang di masyarakat saat ini adalah: “Terimalah aku apa adanya, inilah diriku kekuranganku dan masa laluku.” Yang benar adalah kita menerima kekurangan pasangan hidup kita adalah untuk bersama – sama dibenahi dan diluruskan, bukan? Tentunya kita tidak akan membiarkan pasangan kita untuk tidak berhijab sesuai syari’at selamanya, tidak akan membiarkan pasangan kita melalaikan sholat selamanya, tidak akan membiarkan pasangan kita untuk ber-ikhtilat dan lebih suka di luar rumah selamanya, tetap hidup dan menghidupkan dosa – dosa pasangan kita di masa lalu, juga pelanggaran dan melalaikan syari’at-Nya yang lain. Kecuali memang kita tidak pernah menginginkan untuk berkumpul kembali bersama kelak di Jannah-Nya, sesuai visi dan misi pernikahan sebenarnya.

Buku ini merupakan kompilasi dari beberapa kitab di antaranya:

  1. Fannul Istimta’ bi Syahril ‘Asal”, yang ditulis oleh Muh. Kamal Zainudin.

  2. Bi Al-Ma’ruf; Hatta Ya’udu ad Dif’u Al – ‘Athifi ila Buyutina ”, yang ditulis oleh DR. Akram Ridha.

  3. Buyut bila Duyun; Kaifa Tadhbatuna Mizaniyata Buyutikum?”, yang ditulis oleh DR. Akram Ridha.

  4. Hiwar Az – Zaujan Kaifa Yatahawaru”, yang ditulis oleh Jamal Madhi.

Buku ini dapat diperoleh dari toko buku terdekat, maupun toko buku/ kitab – kitab Islam, ataupun bisa dipesan/ diperoleh langsung dari penerbit:

Kelompok Ziyad Visi Media

Alamat: Jl. Duku II. No.12, Jajar Laweyan – Surakarta, 57144

Website: http://www.ziyadbooks.com

Wassalāmu’alaikum wa Rohmatullohi wa Barokatuhu.

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on 29 January 2017 in Islam, Muslimah

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s