RSS

Hadits Qudsi Hari Ini

26 Feb
  1. Riwayat Asal Mula Ka’bah

Ketika Alloh hendak menurunkan Adam dari Jannah, Alloh berfirman “Sesungguhnya Aku akan menurunkan bersamamu sebuah Bait atau rumah yang akan dilakukan thowaf di sekelilingnya sebagaimana dilakukan thowaf di sekeliling ‘Arsy-Ku, dan dilakukan sholat di sisinya sebagaimana dilakukan sholat di sekitar ‘Arsy-Ku.” Ketika terjadi banjir besar Alloh mengangkatnya, padahal para Nabi biasa berhaji padanya, sehingga mereka tidak mengetahui tempatnya. Maka Alloh menjelaskan tempatnya kepada Ibrohim AS,. lalu Ibrohim AS membangunnya kembali dari lima bukit, yaitu Hiro, Tsabir, Lubnan, Thuur, Khoir. Maka bersenang – senanglah (bergembiralah) kalian dengannya semampu kalian. (Diketengahkan oleh Thobroni di dalam Kitab Mu’jamul Kabirnya melalui Ibnu ‘Umar seara mauquf, semua perowinya adalah perowi hadits shohih)

  1. Ujian di Dunia

“Hai anak Adam, tidak sekali – kali Aku menciptakan dunia sejak peermulaannya melainkan sebagai ujian untuk orang – orang yang beriman. Aku tidak memandangnya melainkan dengan pandangan yang murka. Oleh karena itu janganlah kamu menguasainya karena Aku akan memusuhimu. Ingatlah wahai anak Adam, selama kamu bersikap adil kepada-Ku, niscaya Aku akan mencintaimu dengan melimpahkan kenikmatan kepadamu, dan kamu akan membuat-Ku murka karena melakukan kemaksiatan. Kebaikan dilimpahkan kepadamu dari-Ku dan keburukanmu dilaporkan kepada-Ku. Wahai anak Adam, seandainya Aku mendengar sifatmu dari selainmu, dan engkau tidak mengetahui siapa yang disifati, niscaya Aku segera memurkainya.” (Diketengahkan oleh Ad-Dailami darn Ar-Rofi’i melalui ‘Ali RA)

  1. Rosululloh SAW dan Ummatnya Akan Menjadi Saksi Terhadap Ummat Sebelumnya

Nuh AS dan ummatnya dipanggil, lalu ditanyakan kepada Nuh, “Apakah engkau telah menyampaikan (Syari’at-Nya)?” Nuh menjawab, “Ya aku telah menyampaikan.” Lalu kaumnya dipanggil dan ditanyakan kepada mereka, “Apakah Nuh telah menyampaikan kepada kamu?”, Mereka menjawab, “Tiada seorang pun pemberi peringatan dan tiada pula lainnya yang datang kepada kami.” Dikatakan (kepada Nuh), “Siapakah yang menjadi saksimu?” Nuh menjawab, “Muhammad dan ummatnya.” Nabi SAW bersabda, “Lalu kamu didatangkan untuk memberi kesaksian bahwa Nuh benar – benar telah menyampaikan kepada ummatnya. Yang demikian itu disebutkan oleh firman-Nya.

وَكَذَٰلِكَ جَعَلْنَاكُمْ أُمَّةً وَسَطًا…(١٤٣)

“Dan demikian (pula) Kami telah menjadikan kamu (ummat Islam), ummat yang adil dan pilihan…” (Q.S. Al – Baqoroh (2): 143)

(Diketengahkan oleh Ahmad, Nasa’i, Ibnu Majah, Bukhori, dan Tirmidzi yang matan – redaksional hadits ini menurutnya, ia menilainya kalau tidak hasan berarti shohih. Semuanya diriwayatkan melalui jalan Abu Sa’id RA.)

Wallohu A’lamu bish Showab.

 

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on 26 February 2015 in Hadits

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s