RSS

Mutiara Hadits Hari Ini

02 Sep

1. Tujuan Dunia? Akhirat?

Nabi SAW bersabda:
“Barangsiapa yang menjadikan akhirat sebagai tujuan utamanya, maka Alloh akan memberikan kekayaan pada hatinya dan Alloh akan memudahkan segala urusannya didunia serta dunia akan mendatanginya dalam keadaan tunduk dan hina. Dan barangsiapa yang menjadikan dunia menjadi tujuan utamanya, maka Alloh akan jadikannya kemiskinan/ kefakiran terpampang dimatanya, dan Alloh akan jadikan segala urusannya berantakan, dan ia tidak akan mendapatkan dunia kecuali apa-apa yang sudah dituliskan baginya”. (Silsilah Ash-Shohihah: 949)

2. Kedudukan Hamba Di Dunia ini?

Telah bersabda Rosululloh SAW:

Sesungguhnya dunia hanyalah diperuntukkan untuk 4 orang:
a. Seorang hamba yang Alloh berikan ilmu dan harta, kemudian dia bertakwa kepada Alloh dalam hartanya, dengannya ia menyambung silaturrohim serta mengetahui hak Alloh di dalamnya. Maka orang tersebut kedudukannya paling utama/ baik (di sisi Alloh).

b. Seorang hamba yang Alloh berikan ilmu namun tidak diberikan harta, namun ia memiliki niat yang jujur dan ia berkata: “Seandainya aku memiliki harta, aku pasti akan mengerjakan seperti apa yang dikerjakan si fulan, maka dengan niatnya itu, pahala keduanya adalah sama.

c. Seorang hamba yang Alloh berikan harta namun tidak diberikan ilmu kepadanya. Lalu ia menggunakan hartanya seenaknya tanpa ilmu, tidak bertakwa kepada Alloh dengan hartanya, tidak menyambung silaturrohim dengannya, dan tidak mengetahui bahwa Alloh memiliki hak dalam harta tersebut. Kedudukan orang ini adalah yang paling buruk [di sisi Alloh].

d. Seorang hamba yang tidak Alloh berikan harta dan juga ilmu kepadanya, lalu ia berkata: “Seandainya aku memiliki harta, aku pasti mengerjakan seperti apa yg dikerjakan si fulan. Maka dengan niatnya itu, maka keduanya mendapatkan dosa yang sama. (Shahih Riwayat Tirmidzi: 2325, Ibnu majah: 4228)

3. Bidadari Surga Berkata:

Nabi SAW bersabda:
“Tidaklah seorang wanita menyakiti suaminya di dunia kecuali istrinya di akhirat dari bidadari akan berkata: “Janganlah engkau mengganggunya, semoga Alloh membinasakanmu. Sesungguhnya ia hanyalah tamu di sisimu, hampir-hampir lagi ia akan meninggalkanmu menuju kami.” (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah, dan dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam As-Shahihah no: 173)

4. Meminta Surga Kepada Alloh!

Dari Anas bin Malik RA., ia berkata: Rosululloh SAW bersabda:

من سأل الجنة ثلاث مرّات قالت الجنة : اللّهمّ أدخله الجنة, و من استجار من النار ثلاث مرّات قالت النار : اللّهمّ أجره من النار

“Barangsiapa yang meminta Surga sebanyak tiga kali maka Surga berkata, Ya Alloh masukkan hamba-Mu itu ke dalam Surga. Dan barangsiapa yang memohon perlindungan kepada Alloh dari api Neraka sebanyak tiga kali maka Neraka berkata, Ya Alloh, lindungilah hamba-Mu itu dari api Neraka.” (Hadits Riwayat Imam Ibnu Majah no: 4340, dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih sunan Ibnu Majah no: 4331)

الّلهمّ إنّي أسألك الجنّة و أعوذ بك من النّار

“Allohumma innii as-alukal jannata wa a’uudzu bika minan-naar.”
Yaa Alloh sesungguhnya aku memohon Surga kepada-Mu, dan aku berlindung kepada-Mu dari api Neraka.

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on 2 September 2014 in Hadits, Muslimah

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s