RSS

Dampak Negatif Maksiat dan Dosa

15 Apr

Termasuk perkara yang seharusnya diketahui bahwasanya dosa dan kemaksiatan pasti menimbulkan mudhorot (kerugian), tidak mungkin tidak. Mudhorotnya bagi hati seperti mudhorot yang ditimbulkan racun bagi tubuh, yaitu memiliki tingkatan yang beragam. Adakah kehinaan serta penyakit di dunia dan di akhirat yang tidak disebabkan oleh dosa dan maksiat?

Bukankah dosa dan maksiat yang menyebabkan Ayah dan Ibu kita, Adam AS dan istrinya Hawa, dikeluarkan dari Surga-negeri yang penuh kelezatan, kenikmatan, keindahan dan kegembiraan-menuju tempat yang penuh dengan penderitaan, kesedihan dan musibah (bumi)?

Bukankah dosa telah mengeluarkan Iblis dari kerajaan langit, sekaligus menjadikannya terusir dan terlaknat? Kondisi lahir dan batinnya pun diubah menjadi lebih buruk. Lahirnya dijadikan sejelek-jelek dan seburuk-buruk rupa, sedangkan batinnya dijadikan lebih jelek dan lebih buruk daripada lahirnya. Kedekatan Iblis (dengan Alloh) berubah menjadi jauh; rahmat menjadi laknat; keindahan menjadi kejelekan; Surga menjadi Neraka yang berkobar-kobar; iman menjadi kekufuran; pertolongan menjadi permusuhan; penentangan, gema tasbih, tahlil, dan penyucian menjadi gema kekufuran, kesyirikan, kedustaan, dan kebejatan; serta pakaian keimanan menjadi pakaian kekufuran, kefasikan, dan kedurhakaan. Hinalah Iblis di hadapan Alloh, dengan serendah-rendahnya, dan jatuhlah posisinya dalam pandangan-NYA. kemarahan dan kemurkaan Robb SWT menimpanya kemudian membinasakannya. Iblis menjadi pemimpin bagi setiap orang fasik dan pelaku kejahatan. Ia rela terhadap kepemimpinannya itu setelah sebelumnya menjadi ahli ibadah dan hamba yang mulia. Kami berlindung kepada-MU, ya Alloh, dari menyelisihi perintah-MU dan melanggar larangan-MU.

Bukankah dosa yang menyebabkan tenggelamnya penduduk bumi, hingga air menutupi puncak-puncak pegunungan?

Bukankah dosa pula yang mengakibatkan Alloh SWT mengirimkan angin kepada kaum ‘Ad, hingga menjadikan mayat-mayat mereka bertebaran di muka bumi, laksana tunggul-tunggul pohon kurma yang lapuk? Angin tersebut menghacurkan tempat kediaman, tanaman, kebun, dan hewan ternak mereka sehingga menjadi pelajaran bagi ummat-ummat setelahnya, sampai datangnya hari Kiamat?

Bukankah dosa yang menyebabkan terkirimnya suara menggelegar kepada kaum Tsamud, hingga memotong jantung-jantung dalam rongga tubuh mereka, sampai akhirnya semua binasa?

Bukankah dosa yang menyebabkan terangkatnya desa kaum Nabi Luth AS sampai-sampai para malaikat mendengar lolongan anjing mereka? Kemudian, desa itu dibalik bersama penduduknya, atasnya menjadi bawah, hingga membinasakan semuanya. Belum lagi dengan lemparan batu-batuan dari langit yang menghujani kaum Nabi Luth AS tersebut. Sejumlah hukuman dijatuhkan secara serentak kepada mereka, yang belum pernah dijatuhkan kepada ummat lainnya. Orang-orang yang srupa dengan mereka juga akan mendapat ganjaran yang seperti itu. Sungguh, tidaklah hal ini jauh dari orang-orang yang zhalim.1

Bukankah dosa yang menyebabkan terkiirimnya awan adzab laksana naungan yang berlapis-lapis kepada kaum Nabi Syu’aib AS, hingga tatkala telah sampai di atas kepala mereka, turunlah hujan api yang menyala-nyala?

Bukankah dosa yang menyebabkan tenggelamnya Fir’aun dan kaumnya dalam lautan? Arwah mereka lalu dipindahkan ke Neraka Jahannam; sehingga jasad-jasad mereka tenggelam, sedangkan roh-roh mereka terbakar.

Bukankah dosa yang menyebabkan terbenamnya Qorun beserta harta, tempat tinggal, dna keluarganya?

Bukankah dosa yang membinasakan generasi-generasi yang datang setelah Nabi Nuh AS, yakni dengan berbagai hukuman, hingga menghancurkan mereka sedahsyat-dahsyatnya?

Bukankah dosa yang membuat seluruh kaum Yasin, dari awal hingga akhirnya, binasa oleh suara yang menggelegar?

Bukankah dosa yang menyebabkan diutusnya suatu kaum yang berkekuatan berkekuatan besar kepada Bani Israil? Kaum tersbeut merajalela di kampung-kampung, membunuh para laki-laki, memperbudak anak dan para wanita, membakar rumah-rumah, serta merampas harta benda. Kemudian, mereka diutus sekali lagi untuk memusnahkan segala sesuatu, semampu mereka, dan membinasakan apa saja yang mereka kuasai sehancur-hancurnya?

Bukankah dosa yang menyebabkan Bani Israil ditimpa berbagai macam hukuman? Terkadang dengan pembunuhan, perbudakan, hancurnya negeri, hadirnya para raja yang zhalim, mengubah mereka menjadi kera dan babi, sampai Robb Tabaroka wa Ta’ala bersumpah:

…لَيَبْعَثَنَّ عَلَيْهِمْ إِلَىٰ يَوْمِ الْقِيَـٰمَةِ مَن يَسُومُهُمْ سُوٓءَ الْعَذَابِ…(١٦٧)

“… bahwa Sesungguhnya Dia akan mengirim kepada mereka (orang-orang Yahudi) sampai hari kiamat, orang-orang yang akan menimpakan kepada mereka adzab yang seburuk-buruknya.(Q.S. Al-A’rof (7) : 167)

1Benar, Demi Alloh.

[Diambil dari Kitab Ad-Daa’wa Ad-Dawaa’, karya Ibnu Qoyyim Al-Jauziyyah]

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on 15 April 2014 in Islam, Muslimah

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s