RSS

Menjawab Pernyataan: Islam Mendholimi Wanita? Bag-2

06 Mar

Sambungan dari artikel Menjawab Pernyataan: Islam Mendholimi Wanita? Bag-1

Wanita Dianggap Jahat

Nabi umat Islam juga bersabda: ”Tanda-tanda kejahatan itu ada tiga: kuda, perempuan, dan rumah” (Hadits Sahih Bukhari, Volume 7, Buku 62 No. 32).  Hal ini memberikan petunjuk bahwa wanita dianggap sebagai sosok yang jahat dan disejajarkan dengan binatang (kuda) dan benda (rumah). Bila melihat semua hal di atas, masih layakkah kaum Muslimah memimpikan seorang suami seperti pribadi Muhammad?

Jawab:

Alhamdulillahi Robbil ‘Alamin. Setelah 2 minggu lebih, akhirnya Alloh SWT, telah menunjukkan kepada kami menemukan alamat web yang biasa para penentang Islam yang dijadikan sebagai sumber hadits shohih Bukhori. Web tersebut dalam bahasa Inggris. Hadits riwayat Imam Bukhori tersebut di dalamnya, sejauh yang kami lihat memang meriwayatkan hadits – hadits yang Shohih, namun forum debat antar agama sering langsung memberikan hadits – hadits tanpa menafsirkannya dengan dalil lain yang terdapat dalam Al – Qur’an maupun hadits shohih yang lain. Kami akan memberi contoh kepada anda bagaimana para Sahabat Rosululloh, para ‘ulama tafsir hadits dalam menjelaskan tafsir hadits yang shohih.

Kami berikan isi dan periwayat lengkap dari hadits yang ada pada web tersebut:

Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Yusuf; telah mengabarkan kepada kami Malik dari Abu Hazim dari Sahl bin Sa’dari RA, Rosululloh SAW, bersabda: “Sekiranya kesialan itu ada pada sesuatu, maka niscaya hal itu akan terdapat dari kuda, wanita dan rumah.” (HR. Bukhori no. 4705)

Hadits shohih, tidak akan bertentangan dengan sumber hukum ummat Islam yang pertama yaitu Al – Qur’an.

زُيِّنَ لِنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَٰتِ مِنَ النِّسَآءِ وَالْبَنِينَ وَالْقَنَـٰطِيرِ الْمُقَنطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيلِ الْمُسَوَّ مَةِ وَالْأَنْعَـٰمِ وَالْحَرْثِ ۗ ذَٰ لِكَ مَتَـٰعُ الْحَيَوٰ ةِ الدُّنْيَا ۖ وَاللهُ عِندَهُ حُسْنُ الْمَـَٔابِ (١٤)

“Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, Yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Alloh-lah tempat kembali yang baik (Surga).(Q.S. Ali Imran (3): 14)

Alloh ‘Azza wa Jalla, telah memberikan nikmat dan rizki-NYA untuk mengisi dan mencari bekal sebanyak – banyaknya untuk hari akhirat, dengan titipan berupa istri – istri, anak – anak, harta dari emas, perak, kuda, binatang ternak, dan sawah ladang. Namun, nikmat ini dapat berupa sumber fitnah bencana jika manusia tidak bisa mengelolanya dengan baik, sehingga malah melalaikan dari beribadah kepada-NYA, dan tidak dikelola dengan jalan yang telah diatur-NYA.

Banyak manusia, apabila Alloh Subhanahu wa Ta’ala memberinya titipan rizki dari hal – hal disebutkan ayat tersebut, mengira bahwa mereka telah dimuliakan-NYA. Padahal, layaknya pisau belati, hal itu dapat berfungsi untuk kebaikan maupun keburukan.

Anda menuliskan; “…masih layakkah kaum Muslimah memimpikan seorang suami seperti pribadi Muhammad?”

Telah banyak sekali, ayat – ayat di Al – Qur’an yang menyebutkan bahwa Alloh SWT-pun memuji agama, akhlak dan pribadi Rosululloh. Tidak ada alasan bagi kami, baik muslimin maupun muslimah, untuk tidak menjadikan Rosululloh sebagai contoh utama dalam berperilaku sehari – hari.

لَّقَدْ كَانَ لَكُمْ فِى رَسُولِ ٱللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَن كَانَ يَرْجُوا۟ ٱللَّهَ وَٱلْيَوْمَ ٱلْءَاخِرَ وَذَكَرَ ٱللَّهَ كَثِيرًا

Sungguh, telah ada pada (diri) Rosululloh itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Alloh dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Alloh. (Q.S. Al – Ahzab (33): 21)

وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ

Dan sesungguhnya engkau (Muhammad) benar-benar berbudi pekerti yang luhur.(Q.S. Al – Qolam (68): 4)

وَمَآ أَرْسَلْنَٰكَ إِلَّا رَحْمَةً لِّلْعَٰلَمِينَ

Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam.(Q.S. Al – Anbiya (21): 107)

Derajat Wanita di Mata Isa Al-Masih

Sepanjang hidup Isa Al-Masih, Dia tidak pernah menzolimi wanita. Isa Al-Masih juga tidak pernah memanfaatkan wanita untuk kepentingan diri-Nya.  Isa Al-Masih begitu mengasihi wanita dan memperlakukan mereka sebagai pribadi yang berharga. Bahkan Dia menganggap wanita sebagai saudari perempuan-Nya atau sebagai ibu-Nya. ”Sebab siapa pun yang melakukan kehendak Bapa-Ku di sorga, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku” (Injil, Rasul Besar Matius  12: 50).Maka tidaklah mengherankan bila wanita yang menjadi pengikut Isa Al-Masih menemukan kedamaian dan merasa berharga.  Sebetulnya tidak sulit memiliki kedamaian ini.  Rindukah saudara menemukan kedamaian dan merasa berharga? Datanglah kepadaIsa Al-Masih!

Jawab:

Saya mencoba mencari kebenaran sisi tekstual dari ayat Injil yang anda kutip.

Yesus dan sanak saudaraNya 12: 46 – 50

Mrk 3: 31 – 35 Luk 8: 19 – 21

46Ketika Yesus masih berbicara dengan orang banyak itu, ibuNya dan saudara-saudaraNya berdiri di luar dan berusaha menemui Dia. 47Maka seorang berkata kepadaNya: “Lihatlah ibuMu dan saudara-saudaraMu ada di luar dan berusaha menemui Engkau.” 48Tetapi jawab Yesus kepada orang yang menyampaikan berita itu kepadaNya: “Siapa ibuKu? Dan siapa saudara-saudaraKu?” 49Lalu kataNya, sambil menunjuk ke arah murid-muridNya: “Ini ibuKu dan saudara-saudaraKu! 50Sebab siapapun yang melakukan kehendak BapaKu di sorga, dialah saudaraKu laki-laki, dialah saudaraKu perempuan, dialah ibuKu.”

(Perjanjian Baru, Matius 12: 50, halaman 18, Lembaga Alkitab Indonesia, Percetakan lembaga Alkitab Indonesia, Ciluar – Bogor, 1983)

Ayat yang saya kutip dari kitab yang anda anggap sebagai pegangan hidup, memang sengaja saya berikan bagian yang diberi cetak tebal, font italic dan garis bawah. Tidak ada perubahan antara huruf besar dan kecil. Secara eksplisit, Maria – Maryam mempunyai anak selain Yesus? Lalu, kalimat…”Sebab siapapun yang melakukan kehendak BapaKu di sorga…”, secara eksplisit pun menyebutkan bahwa Yesus adalah utusan-Nya bukanlah Anak Tuhan. Konsep ke-Esa-an dan ke-Tuhan-an yang sampai saat ini tidak pernah ada jawaban yang memuaskan.

Namun, setelah ayat dari Matius 12: 50 tersebut, saya pun menemukan ayat yang menunjukkan menyebutkan bahwa Yesus hanya diutus untuk ummat Israel, juga…na’udzubillah, Yesus menganggap anjing kepada orang lain yang menderita. Berikut ayat – ayatnya:

Perempuan Kanaan yang percaya 15: 21 – 28

Mrk 7: 24 – 30

21Lalu Yesus pergi dari situ dan menyingkir ke daerah Tirus dan Sidon.22Maka datanglah seorang perempuan Kanaan dari daerah itu dan berseru: “Kasihanilah aku, ya Tuhan, Anak Daud, karena anakku perempuan kerasukan setan dan sangat menderita.”23 Tetapi Yesus sama sekali tidak menjawabnya. Lalu murid-murid-Nya datang dan meminta kepada-Nya: “Suruhlah ia pergi, ia mengikuti kita dengan berteriak-teriak.”24Jawab Yesus: “Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.”25Tetapi perempuan itu mendekat dan menyembah Dia sambil berkata: “Tuhan, tolonglah aku.”26Tetapi Yesus menjawab: “Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing.”27Kata perempuan itu: “Benar Tuhan, namun anjing itu makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya.28Maka Yesus menjawab dan berkata kepadanya: “Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki.” Dan seketika itu juga anaknya sembuh.

(Perjanjian Baru, Matius 15: 21 – 28, halaman 22, Lembaga Alkitab Indonesia, Percetakan lembaga Alkitab Indonesia, Ciluar – Bogor, 1983)

Mana yang anda tuliskan kalau Yesus “…begitu mengasihi wanita dan memperlakukan mereka sebagai pribadi yang berharga. Kenapa ayat di atas menyebut anjing kepada wanita tersebut? Apa anda tidak melihat ayat di atas kalau Yesus hanya diutus untuk domba – domba yang hilang dari umat Israel? Anda umat Israel? Kedamaian Yesus hanya untuk domba – domba yang hilang dari umat Israel, bukan untuk manusia seluruh dunia.

Mengenal sikap orang laki – laki dan perempuan dalam ibadah jemaat 2: 14 – 15

14Lagipula bukan Adam yang tergoda, melainkan perempuan itulah yang tergoda dan jatuh ke dalam dosa.15Tetapi perempuan akan diselamatkan karena melahirkan anak, asal ia bertekun dalam iman dan kasih dan pengudusan dengan segala kesederhanaan.

(Perjanjian Baru, Surat Paulus yang pertama kepada Timotius 2: 14 – 15, halaman 263, Lembaga Alkitab Indonesia, Percetakan lembaga Alkitab Indonesia, Ciluar – Bogor, 1983)

Kalau dari ayat di atas, wanita dari lahir sudah membawa dosa, dan baru bisa diselamatkan jika melahirkan anak dan tekun dalam iman dan ibadahnya dalam kesederhanaan. Kalau wanita tersebut mandul bagaimana?

Dalam agama Islam, Yesus adalah Nabi dan Rosul utusan-NYA, bukanlah Tuhan, bukan bagian dari Tuhan, juga bukan anak Tuhan.

وَإِذْ قَالَ عِيسَى ٱبْنُ مَرْيَمَ يَٰبَنِىٓ إِسْرَٰٓءِيلَ إِنِّى رَسُولُ ٱللَّهِ إِلَيْكُم مُّصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَىَّ مِنَ ٱلتَّوْرَىٰةِ وَمُبَشِّرًۢا بِرَسُولٍ يَأْتِى مِنۢ بَعْدِى ٱسْمُهُۥٓ أَحْمَدُ ۖ فَلَمَّا جَآءَهُم بِٱلْبَيِّنَٰتِ قَالُوا۟ هَٰذَا سِحْرٌ مُّبِينٌ

Dan (ingatlah) ketika Isa putra Maryam berkata, “Wahai Bani Israil! Sesungguhnya aku utusan Allah kepadamu, yang membenarkan kitab (yang turun) sebelumku, yaitu Taurat dan memberi kabar gembira dengan seorang Rasul yang akan datang setelahku, yang namanya Ahmad (Muhammad).” Namun ketika Rasul itu datang kepada mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata, mereka berkata, “Ini adalah sihir yang nyata.” (Q.S. Shoff (61); 6)

Juga pada ayat yang lain dalam Al – Qur’an:

وَإِذْ قَالَ ٱللَّهُ يَٰعِيسَى ٱبْنَ مَرْيَمَ ءَأَنتَ قُلْتَ لِلنَّاسِ ٱتَّخِذُونِى وَأُمِّىَ إِلَٰهَيْنِ مِن دُونِ ٱللَّهِ ۖ قَالَ سُبْحَٰنَكَ مَا يَكُونُ لِىٓ أَنْ أَقُولَ مَا لَيْسَ لِى بِحَقٍّ ۚ إِن كُنتُ قُلْتُهُۥ فَقَدْ عَلِمْتَهُۥ ۚ تَعْلَمُ مَا فِى نَفْسِى وَلَآ أَعْلَمُ مَا فِى نَفْسِكَ ۚ إِنَّكَ أَنتَ عَلَّٰمُ ٱلْغُيُوبِ

Dan (ingatlah) ketika Alloh berfirman, “Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua Tuhan selain Alloh?” (Isa) menjawab, “Maha Suci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib.” (Q.S. Al – Ma’idah (5) 116)

Muhammad memandang wanita sebagai binatang piaraan.Dalam khotbah terakhirnya, Muhammad menyamakan wanita dengan binatang ternak. Tabari (IX:113) mencatat (dikutip oleh Winn, 2004, hal. 557) “Perlakukan wanita dengan baik karena mereka seperti binatang2 piaraan dan mereka tidak memiliki apapun. Allah telah menghalalkan untuk menikmati tubuh2 mereka dalam Qur’an-Nya.”

Jawab:

Saya tidak tahu Tabari siapa yang dimaksud oleh Winn tersebut. Dalam ‘ilmu hadits, jika periwayat hadits tersebut majhul – tidak dikenal, maka status hadits tersebut menjadi dho’if alias statusnya lemah – tidak bisa dijadikan dalil. Saya pun tidak mau dipusingkan dengan cara anda mengutip buku yang tidak sesuai kaidah ilmiyyah.

Jika Winn yang anda maksud dan diambil sebagai kutipan adalah seorang pendeta, maka lihatlah bagaimana Alloh ‘Azza wa Jalla telah menyebutkan orang – orang yang menyembunyikan kebenaran terutama dalam kitab suci yang diturunkan kepada kalian.

يَٰٓأَهْلَ ٱلْكِتَٰبِ قَدْ جَآءَكُمْ رَسُولُنَا يُبَيِّنُ لَكُمْ كَثِيرًا مِّمَّا كُنتُمْ تُخْفُونَ مِنَ ٱلْكِتَٰبِ وَيَعْفُوا۟ عَن كَثِيرٍ ۚ قَدْ جَآءَكُم مِّنَ ٱللَّهِ نُورٌ وَكِتَٰبٌ مُّبِينٌ

Wahai Ahli Kitab! Sungguh, Rosul Kami telah datang kepadamu, menjelaskan kepadamu banyak hal dari (isi) kitab yang kamu sembunyikan, dan banyak (pula) yang dibiarkannya. Sungguh, telah datang kepadamu cahaya dari Alloh, dan Kitab yang menjelaskan.(Q.S. Al – Ma’idah (5): 51)

Pesan kami pribadi kepada anda:

Uruslah agama anda sendiri yang penuh pertentangan dalam kitab kalian, masih pantaskah kitab yang penuh revisi manusia menjadi pegangan hidup beragama dan mengenal Tuhan? Jika anda sedang dirundung euphoria dengan berita aktris wanita yang sukses kalian murtadkan, maka kami katakan itukah cara yang diajarkan Yesus? Masihkah berlaku tunjangan 3000 US Dollar per tahun untuk pria kristen yang bisa menikahi dan memurtadkan wanita dari daerah Sumatera barat khususnya? Alhamdulillah, dengan email anda ini telah semakin memantapkan iman kami kepada Alloh SWT, Robb seluruh alam semesta dan isinya ini. Dan di akhir zaman kelak, Isa ‘Alaihis Salam akan turun kembali ke dunia dan mematahkan salib juga membunuh babi – babi, juga membenarkan dan mengikuti risalah agama Islam yang dibawa Rosululloh Muhammad Sholallohu ‘Alaihi wa Sallam.

Billahit Taufiq wal Hidayah.

Advertisements
 
2 Comments

Posted by on 6 March 2014 in Hadits, Islam, Muslimah

 

Tags: , ,

2 responses to “Menjawab Pernyataan: Islam Mendholimi Wanita? Bag-2

  1. wilmart

    7 September 2015 at 10:58 AM

    apakah anda yakin bukan bagian dari kaum keturunan israel….ingat 10 suku sejak 3500 tahun belum kembali ke israel…..sejak di tawan nebukatnesar……samapi detik ini mereka belum kembali dan mereka telah menyebar ke seluruh pelosok dunia………menurut saya ..pada mulanya untuk bani israel tapi ada nubuat dari nabi nabi jauh sebelum yesus lahir…..kerajaan itu pada akhirnya di berikan kepada bangsa lain……karena bangsa israel menolak yesus…..yang adalah raja mereka…mereka tidak mau mengakuinya….makanya sebelum yesus moksa dia berpesan pergilah jadikan semua bangsa muridku bla bla bla…….

     
    • hanifroad

      26 September 2015 at 6:49 AM

      Wilmart,

      Apakah anda juga yakin kalau anda keturunan Israel dari 10 suku yang hilang? yakin bukan dari keturunan Esau? atau yakin bukan dari keturunan Isma’il atau jika diambil ke atas bukan dari keturunan Adam dan Hawa ‘alaihimas salam?
      Karena dalam Islam prinsipnya adalah “Setiap anak dilahirkan dlm keadaan fitrah (Islam), maka kedua orang tuanyalah yg menjadikannya Yahudi, Nasrani atau Majusi.” (HR. BukhOri & Muslim).

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s