RSS

Semuanya Karena Rahmat-NYA

01 Jul

Tadi kesayanganku Jibril baru meninggalkanku. Ia mengatakan:

“Wahai Muhammad, demi Alloh yang telah mengutusmu dengan benar, sesungguhnya ada salah seorang di antara hamba – hamba Alloh yang telah menyembah Alloh selama lima ratus tahun di puncak bukit yang ada di tengah laut. Luas puncak bukit yang didiaminya adalah tiga puluh hasta persegi, sedangkan laut yang mengitarinya dalam jarak empat ribu farsakh dari segala penjuru. Aku pancarkan untuknya sebuah mata air yang segar selebar jari memancarkan air yang segar lalu tertampung di kaki gunung. Dan pohon Delima mengeluarkan buah untuknya setiap hari untuk bekal ibadah di siang harinya.”

“Apabila petang hari tiba, ia turun dari bukit untuk melakukan wudhunya dan mengambil buah Delima lalu memakannya. Sesudah itu ia berdiri untuk melakukan sholatnya. Lalu sang hamba meminta kepada Robb-nya bahwa di saat ajal datang menjemput dirinya, hendaknya Alloh mencabutnya saat ia sedang sujud, dan jangan membiarkan tanah ataupun lainnya punya jalan untuk merusak tubuhnya sampai Alloh membangkitkannya pada hari kiamat nanti.”

Jibril melanjutkan kisahnya bahwa Alloh memperkenankan permintaannya, dan kami biasa melewatinya bila sedang turun dan saat naik. Maka kami mendapati dalam ilmu Alloh bahwa hamba itu akan dibangkitkan pada hari kiamat nanti, lalu dihadapkan kepada Alloh Ta’ala dan Robb-nya berfirman sehubungan dengannya. “Masukkanlah oleh kalian hamba-Ku ini ke dalam surga berkat rahmat-Ku.” Ia berkata, “Wahai Robb-ku, bukan, tetapi berkat amalku.” Alloh berfirman, “Masukkanlah oleh kalian hamba-Ku ini ke dalam surga berkat rahmat-Ku.” Ia kembali berkata, “Wahai Robb-ku, bukan, tetapi berkat amalku.”

Akhirnya Alloh Ta’ala berfirman, “Lakukanlah timbangan oleh kalian untuk hamba-Ku antara nikmat-Ku dan amal perbuatannya.” Ternyata nikmat penglihatan saja telah meliputi ibadah selama lima ratus tahun belum lagi nikmat seluruh tubuhnya. Alloh berfirman, “Masukkanlah ia ke dalam neraka.” Lalu dia diberdirikan di hadapan-NYA.

Alloh berfirman, “Wahai hamba-Ku, siapa yang menciptakan kamu sebelum kamu menjadi sesuatu apapun?” Ia menjawab, “Engkaulah yang menciptakanku wahai Robb-ku.” Alloh berfirman, “Siapa yang memberi kekuatab kepadamu sehingga dapat beribadah selama lima ratus tahun?” Ia menjawab, “Engkaulah yang memberinya wahai Robb-ku.” Alloh berfirman, “Siapa yang menempatkanmu di gunung? Siapa yang mengeluarkan untukmu air yang segar di antara air yang asin? Siapa yang mengeluarkan untukmu setiap hari buah Delima padahal buah Delima hanya keluar hanya sekali sepanjang tahun, dan kamu telah meminta kepada Alloh untuk mematikanmu dalam keadaan bersujud, lalu Dia memperkenankanmu?” Ia menjawab, “Engkaulah wahai Robb-ku.”

Alloh berfirman, “Yang demikian itu adalah berkat rahmat-Ku dan berkat rahmat-Ku pula Kumasukkan kamu ke dalam surga. Masukkanlah oleh kalian hamba-Ku ini ke dalam surga, sebaik – baik hamba adalah engkau, wahai hamba-Ku.” Maka Alloh memasukkannya ke dalam surga. Jibril mengatakan, “Wahai Muhammad, sesungguhnya segala sesuatu  itu ada hanyalah berkat rahmat Alloh Ta’ala.”

(Diketengahkan oleh Hakim melalui Jabir yang dinilai shohih sanadnya)

قُلْ يَٰعِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُواْ عَلَىٰٓ أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْتَطُواْ مِن رَّحْمَةِ اللهِ ۚ إِنَّ اللهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا ۚ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ (٥٣)

Katakanlah: “Hai hamba hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Alloh. Sesungguhnya Alloh mengampuni dosa dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Q.S. Az – Zumar (39): 53)

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on 1 July 2013 in Hadits

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s