RSS

Mutiara Hadits Qudsi Hari Ini

19 Dec

One Foot Moslem

1. Manusia Yang Paling Mulia di Sisi Alloh SWT

Sesungguhnya Alloh ‘Azza wa Jalla berfirman pada hari kiamat: “Aku telah memerintahkan kepada kamu, namun kamu menyia – nyiakan apa yang Aku janjikan kepadamu di dalamnya. Kamu meninggikan nisbat kamu, maka sekarang Aku meninggikan nisbat-KU dan merendahkan nisbatmu. Di manakah orang – orang yang bertakwa? Di manakah orang – orang yang bertakwa? Di manakah orang – orang yang bertakwa? Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Alloh adalah orang yang paling bertakwa.”

(Diketengahkan oleh Hakim dan Baihaqi di dalam kitab Asy – Syu’abnya melalui Abu Hurairoh RA)

2. Wujud Syukur Kepada Alloh SWT

Sesungguhnya Alloh Ta’ala berfirman: “Wahai Bani Adam, Aku telah memberikan kepadamu kenikmatan besar – besar yang tidak terhitung jumlahnya dan kamu tidak akan mampu mensyukurinya. Dan sesungguhnya di antara kenikmatan yang Aku berikan kepadamu ialah Aku menjadikan bagimu sepasang bola mata, yang dengan melalui keduanya kamu dapat melihat dan Aku jadikan baginya penutup. Maka lihatlah dengan kedua matamu hal – hal yang Aku halalkan bagimu. Jika kamu melihat hal – hal yang Aku haramkan bagimu, maka tutupkanlah kedua penutupnya. Aku jadikan bagimu lisan dan Aku jadikan untuknya kunci, maka ucapkanlah kata – kata yang diperintahkan dan dihalalkan oleh-KU bagimu. Dan jika dihadapkan kepadamu hal – hal yang Kuharamkan kepadamu hal – hal yang Kuharamkan kepadamu maka kuncilah lisanmu. Dan Aku jadikan bagimu kemaluan serta Aku jadikan untukmu penutupnya. Maka arahkanlah kemaluanmu kepada hal yang yang telah Kuhalalkan bagimu. Apabila dihadapkan kepadamu hal – hal yang telah Kuharamkan bagimu, maka turunkanlah penutupnya. Wahai Bani Adam, sesungguhnya kamu tidak akan mampu menghadapi murka-KU dan tidak akan kuat menahan azab-KU.

(Diketengahkan oleh Ibnu ‘Asakir melalui Makhul secara mursal)

3. Ujian Harta Bagi Orang Kaya

Alloh Ta’ala mewahyukan kepada Musa AS., Ibnu ‘Imron: “Wahai Musa, sesungguhnya di antara hamba – hamba-KU terdapat seseorang yang seandainya ia meminta surga dan seisinya kepada-KU (di akhirat nanti), niscaya Aku beri. Namun seandainya ia meminta (di dunia ini) kepada-KU sebuah gagang cambuk, niscaya Aku tidak akan memberinya. Hal itu bukan karena kedudukannya yang diremehkan di sisi-KU, melainkan Aku ingin menyimpan untuknya pahala dari kemurahan-KU di akhirat nanti. Dan Aku menjaganya dari godaan dunia sebagaimana seorang penggembala menghindarkan gembalaan ternak kambingnya dari tempat penggembalaan yang buruk. Wahai Musa, tidaklah sekali – kali Aku memperlindungkan orang – orang fakir kepada orang – orang kaya bukan karena perbendaharaan kekayaan-KU tidak mencukupi mereka dan rahmat-KU tidak dapat memuat mereka, melainkan sengaja Aku tentukan untuk orang fakir bagian tertentu yang mencukupi mereka dari harta orang – orang kaya. Aku sengaja menguji orang – orang kaya, apakah mereka segera memberikan bagian yang Aku tentukan itu untuk orang – orang fakir dari harta mereka? Wahai Musa, kalau orang – orang kaya melakukan itu, Aku sempurnakan nikmat-KU kepada mereka dan Aku lipat gandakan pahala kebaikan mereka menjadi sepuluh kali lipat. Wahai Musa, jadilah kamu gudang orang yang fakir, benteng bagi orang yang lemah, dan penolong bagi orang yang meminta pertolongan, niscaya Aku menjadi temanmu dalam kesulitan, penghiburmu dalam kesepian dan senantiasa melindungimu siang dan malam.”

(Diketengahkan oleh Ibnun Najjar melalui Anas RA.)

4. Curhat Hanya Kepada Alloh SWT

Tiga macam perbendaharaan kebajikan, yaitu bersedekah dengan sembunyi – sembunyi, menyembunyikan musibah, dan menyembunyikan pengaduan. Alloh Ta’ala berfirman: “Apabila Aku timpakan cobaan kepada hamba-KU, lalu ia bersabar dan tidak mengadukan-KU kepada orang – orang yang menjenguknya niscaya akan Kuganti dagingnya dengan daging yang lebih baik dari dagingnya semula, dan Kuganti darahnya dengan darah yang lebih baik dari darahnya yang semula. Dan jika Aku sembuhkan ia dari sakitnya, maka Kubersihkan ia dari dosa – dosanya, dan jika Aku wafatkan ia, maka akan mendapat rahmat dari-KU.”

(Diketengahkan oleh Thabrani dan Abu Na’im di dalam Kitab Al – Hilyah melalui Anas RA.)

Advertisements
 
1 Comment

Posted by on 19 December 2012 in Hadits

 

Tags:

One response to “Mutiara Hadits Qudsi Hari Ini

  1. yudhistirahimuhammad

    19 May 2016 at 7:20 AM

    alhamdllh,,
    trmkasih

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s