RSS

Menjaga Alloh SWT dan Rosululloh SAW

25 Sep

Assalāmu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Alhamdulillah, ash sholatu wa salam ‘ala Rosulillah.

Ayyuhal Ikhwah, selama hampir 2 minggu lebih kita dihadapkan pada kenyataan, yang telah ditulis di Lauh Mahfuz-NYA. Kenyataan yang membuat panas, geram, kecewa atau apapun padanan kata yang pantas untuk hal ini. Tidak lain kenyataan yang disebutkan adalah betapa Agama yang diridhoi-NYA ini dijadikan musuh, cercaan dan hinaan, maupun tertawaan oleh ummat di luar Dien ini.

Kita harus ingat, bahwa hal ini telah difirmankan-NYA belasan abad yang lalu dalam surat Al – Baqoroh (2) ayat 120:

وَ لَنْ تَرضَىٰ عَنكَ ﭐلْيَهُودُ وَ لاَ ﭐلنَّصَٰرَ ىٰ حَتَّىٰ تَتَّبِعَ مِلَّتَهُمْ

Maha Benar Alloh dengan firman-NYA!

Lalu, sebagai ummat yang disebut-NYA sebagai Khoiru Ummat – Ummat terbaik, bagaimana kita harus menyikapi masalah ini? tentu saja kita sadar dan ingat bahwa hal ini bukanlah kali pertama, hanya berbeda bentuk, media dan waktu saja.

Ikhwah, sebagai aqidah seorang Muslim, kita harus ingat bahwa Islam itu Rohmatan lil ‘Alamin, Rohmat bagi sekalian alam, juga Rosululloh merupakan sebaik – baik contoh yang diutus-NYA untuk dijadikan acuan akhlak dan bermu’amalah, baik sesama muslim maupun dengan ummat di luar Dien ini.

Lantas, bagaimana seharusnya kita bersikap menghadapi cercaan bagi Dien ini? apakah memang harus berdemo yang membuat kemacetan lagi? kita harus ingat ada hak – hak saudara kita yang lain akan terabaikan dengan kemacetan akibat demo. Apakah langsung membuat aksi dengan ikut – ikutan menyerang kedutaan besar negara tersebut bahkan seperti yang terjadi di kedubes mereka di Libya?

Mungkin, di antara kita masih ada yang bersikap dengan menafsirkan sendiri dalil firman-NYA:

يَٰۤأَ يُّهَا ﭐلَّذِينَ ءَامَنُوۤاْ إِن تَنصُرُ وﭐللَّهَ يَنصُرْ كُمْ وَ يُثَبِّتْ أَقْدَا مَكُمْ

Hai orang-orang beriman, jika kamu menolong (agama) Alloh, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.(Q.S. Muhammad (47): 7)

Tidak, menolong agama Alloh SWT  tidak dengan cara yang telah kita tunjukkan selama ini yang kita lihat di media massa. Mau kita berdemo berkilo – kilo meter sampai putus urat leher dan pita suara kita, mau sampai tertumpah darah mereka yang telah menghina Nabi kita yang mulia, mereka tetap tidak akan berubah. Qolbu mereka telah mati jauh sebelum mereka dikuburkan, mereka laksana teko yang berlubang di sana – sini dan ditelungkupkan, mereka telah tersesat, bahkan lebih sesat dari binatang ternak. Mereka tidak tahu akan kebenaran yang Haqq.

Pertanyaan yang seharusnya muncul adalah; bagaimana seharusnya kita bersikap dengan aksi mereka?

Ayyuhal Ikhwah, mari kita baca bersama Siroh Nabawi! Betapa perjuangan berat Rosululloh SAW di awal – awal dakwah, bahkan gelar Al – Amin yang pernah disematkan Arab Quraisy akhirnya digantikan dengan Al – Kazzab pada beliau. Pamannya Abu Lahab dan istrinya Ummu Jamil, menjadi penentang terdekat akan dakwah beliau, sampai Alloh SWT menurunkan surat Al – Masad, yang menceritakan bagaimana kondisi mereka berdua di akhirat kelak. Kita harus ingat, bukan pedang terhunus yang langsung beliau pegang, tetapi bahkan do’a panjang yang dipanjatkan pada-NYA agar mereka mendapat dan mau menjemput hidayah. Ketahuilah, bahkan Rosululloh SAW mendo’akan seorang pria berkelakuan preman untuk diberi-NYA hidayah. Pria Arab Quraisy itu adalah Umar bin Khoththob RA., yang akhirnya menjadi salah satu sahabat yang dijamin untuk masuk Surga, karena jihadnya yang kuat dalam dakwah Islam saat itu. Tidak hanya Umar RA saja, tetapi karena sikap dan do’a Rosululloh yang telah membuat banyak Bani Adam saat itu untuk mengikrarkan 2 kalimat syahadat.

Inilah contoh yang tertulis dalam Siroh Nabawi, bagaimana aqidah dan akhlak yang dicontohkan Nabi kita yang mulia dalam menghadapi orang – orang di luar Dien ini. Jumlah kita memang tidak sedikit di saat ini, khususnya negeri ini. Namun, benarkah kita memang telah benar – benar mencintai Alloh SWT dan Rosul-NYA?

قُلْ إِن كُنتُمْ تُحِبُّو نَ ﭐللَّهَ فَاتَّبِعُونِى

Katakanlah: “Jika kalian (benar – benar) mencintai Alloh, ikutilah aku.” (Q.S. Ali Imron (3): 31).

Dalam surat lain disebutkan:

مَّنْ يُطِعِ ﭐلرَّسُولَ فَقَدْ أَطَاعَ ﭐللَّهَ

“Barangsiapa yang menaati Rosul, sesungguhnya dia telah menaati Alloh.” (Q.S. An – Nisaa (4): 80).

2 hal di atas, adalah perkara akidah dan akhlak yang sering kita lupakan. Kita melupakan peringatan-NYA untuk selalu men-Tauhid-kan-NYA, kita melupakan jalan yang dicontohkan Rosul dengan melupakan batas bermu’amalah dengan ummat di luar Dien ini. Kita telah terbiasa mengikuti mereka, tasyabuh dalam segala sisi, pemikiran – pemahaman, maupun perkara remeh sekalipun. Apa yang terjadi apabila batasan itu dilanggar sedikit demi sedikit? Jawabannya adalah pengakuan akan kebenaran jalan yang mereka tempuh, akibatnya toleransi kebablasan itu yang membuat mereka semakin berani.

Sebagai penutup, marilah kita sama – sama memurnikan Tauhid ini, mencukupkan diri dengan contoh dari Rosul SAW. Izzah dan Iffah seorang muslim, adalah perkara yang harus selalu kita jaga. Ingatlah do’a, sabar, sholat dan sikap, merupakan sarana dakwah pula untuk mengajak mereka menuju barisan ummat dalam Dien yang diridhoi-NYA ini.

إِذَا جَآءَنَصْرُ ﭐللَّهِ وَﭐلْفَتْحُ (١) وَرَأَيْتَ ﭐ نَّاسَ يَدْخُلُونَ فِى دِينِ ﭐللَّهِ أَفْوَاجًا (٢) فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَﭐسْتَغْفِرْ هُ ج إِنَّهُ كَانَ تَوَّابَا

“Apabila telah datang pertolongan Alloh dan kemenangan. Dan kamu lihat manusia masuk agama Alloh dengan berbondong-bondong. Maka bertasbihlah dengan memuji Robb-mu dan mohonlah ampun kepada-NYA. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat.(Q.S. An – Nashr (110): 1 – 3)

Wallohu A’lam bish Showab. Billahit taufiq wal hidayah.

Wassalāmu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on 25 September 2012 in Islam, Muslimah

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s