RSS

Referensi Buku – Bid’ah Sepanjang Tahun

11 Jul

Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Kaifa halukum ayyuhal Ikhwah?

Kali ini ana ingin mereferensikan sebuah buku yang luar biasa bagi ana khususnya, juga bagi ummat Islam pada umumnya. Buku ini berjudul “Menyoal Rutinitas Perayaan Bid’ah Sepanjang Tahun,” dari penerbit Pustaka Imam Asy – Syafi’i di Jakarta. Buku ini merupakan thesis dari Ikhwan kita: ‘Abdullah bin ‘Abdul ‘Aziz at – Tuwaijiri, ketika menjadi mahasiswa program pasca sarjana fakultas Ushuluddin di Riyadh, jurusan ‘aqidah dan aliran – aliran kontemporer. Judul asli buku ini adalah “Al – Bida al – Hauliyyah,” dengan terjemahan sederhananya adalah “Bid’ah Tahunan.”

Sistem dan metodologi penulisan buku ini benar – benar telah memiliki kaedah penulisan karya ilmiah, dengan 2 sumber rujukan utama yaitu nash – nash syari’at Al – Qur’an dan Sunnah Rosul SAW.

Selama ini, mungkin di antara kita masih memperdebatkan perkara – perkara yang dianggap Sunnah Rosul SAW., seperti di antaranya beberapa perayaan hari besar Islam selain Iedul Fithr dan Iedul Adha, maupun perayaan ulang tahun seseorang dengan mengucapkan kata selamat ulang tahun. Ada 2 hal yang terbersit ketika ana ingin mereferensikan buku ini, yaitu:

1. Paripurnanya Syari’at Islam dalam Al – Qur’an

Sempurnanya syari’at Islam telah difirmankan Alloh SWT., dalam ayat:

…اَ لْيَوْ مَ أَ كْمَلْتُ لَكُمْ دِيْنَكُمْ وَ أَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيْتُ لَكُمُ ا لاِ سْلَا مَ دِ يْناً…

“Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu dan telah Kucukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Kuridhoi Islam itu menjadi agamamu.” (Q.S. Al – Maa’idah (5): 3)

Juga dalam firman-NYA di ayat yang lain:

وَ أَ نَّ هَٰذَ ا صِرَٰ طِى مُسْتَقِيْمًا فَا تَّبِعُوْ هُ صلى وَ لاَ تَتَّبِعُو اْ السُّبُلَ فَتَفَرَّ قَ بِكُمْ عَن سَبِيْلِهِ ج ذَٰ لِكُمْ وَ صَّٰكُمْ بِهِ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْ نَ

“Dan bahwa (yang Kami perintahkan) ini adalah jalan-Ku yang lurus, maka ikutilah dia; dan janganlah kamu mengikuti jalan – jalan (yang lain), karena jalan – jalan itu mencerai beraikan kamu dari jalan-Nya. Yang demikian itu diperintahkan Alloh kepadamu agar kamu bertakwa.” (Q.S. Al – An’aam (6): 153)

Dua ayat di atas, mengingatkan kita semua ummat Islam sebagai peringatan dalam perkara ‘aqidah bahwa Islam telah sempurna tidak perlu ditambah atau dikurangi. Jika ada penambahan dalam syari’at, berarti secara tidak sadar kita telah menyepakati bahwa ajaran Islam tidak sempurna, Na’udzubillahi min dzalik.

2. Memurnikan Sunnah Rosululloh SAW., dari perkara bid’ah.

Menyadarkan ummat yang disebut sebagai Khoiru Ummat, untuk memahami pengertian Sunnah Rosul SAW., dari pengertian Sunnah versi anak SD; “apabila dilakukan mendapat pahala dan jika tidak dilakukan maka tidak berdosa.”

وَمَاۤءَاتَٰكُمُ الرَّسُوْلُ فَخُذُوهُ وَمَانَهَٰكُمْ عَنْهُ فَا نْتَهُواْ ج وَاتَّقُواْ اللَّهَ صلى  إِنَّ اللَّهَ شَدِ يْدُ الْعِقَا بِ

“Apa yang diberikan Rosul kepadamu, maka terimalah dia. Dan apa yang dilarangnya bagimu, maka tinggalkanlah; dan bertakwalah kepada Alloh. Sesungguhnya Alloh sangat keras hukumannya.” (Q.S. Al – Hasyr (59): 7)

Selain itu untuk perkara yang diperselisihkan, Alloh SWT., telah memerintahkan kita untuk mengembalikan perselisihan itu kepada 2 perkara:

…فَإِن تَنَزَعْتُمْ فِ شَىْءٍفَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ إِن كُنتُمْ تُوْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الاَخِرِ…

“…Kemudian apabila kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Alloh (Al – Qur’an) dan Rosul (Sunnahnya), jika kamu benar – benar beriman kepada Alloh dan hari kemudian.” (Q.S. An – Nisaa’ (4): 59)

Adalah perkara yang mengherankan ketika mendekati pertengahan bulan Sya’ban kemarin, diantara kita malah memperdebatkan dan giat melakukan hal yang dianggap Sunnah Rosul SAW., tetapi perkara wajib seperti berhijab fisik sesuai syari’at malah dilanggar.

Buku ini bisa didapatkan di toko – toko buku besar maupun toko – toko khusus kitab para ulama. Ataupun jika ingin memesan langsung secara online, bisa langsung ke alamat berikut:

  1. website: pustakaimamsyafii.com
  2. Alamat korespondensi e-mail: surat@pustakaimamsyafii.com

Semoga dengan buku ini, menyadarkan kita semua akan kelalaian yang selama ini kita lakukan. Sudah saatnya menyadarkan khoiru ummat yang sedang terlena dengan tholabul ‘ilmi yang di-fardhukan-NYA. Tentunya Ilmu Dien sebagai Fardhu ‘Ain, bukan hanya Ilmu dunia yang merupakan Fardhu Kifayah.

Wassalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on 11 July 2012 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s