RSS

Qod Aflahal Mu’minuun…

06 Jul

[Akhirnya…bertemu kembali dengan Surat ini]

قَدْ أَفْلَحَ ٱلْمُؤْمِنُونَ

 “Sesungguhnya beruntunglah orangorang yang beriman.”

ٱلَّذِينَ هُمْ فِى صَلَاتِهِمْ خَٰشِعُونَ

 (yaitu) orangorang yang khusyuk dalam sholatnya

وَٱلَّذِينَ هُمْ عَنِ ٱللَّغْوِ مُعْرِضُونَ

“Dan orangorang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna.”

وَٱلَّذِينَ هُمْ لِلزَّكَوٰةِ فَٰعِلُونَ

 “Dan orang orang yang menunaikan zakat.”

وَٱلَّذِينَ هُمْ لِفُرُوجِهِمْ حَٰفِظُونَ

 “Dan orangorang yang menjaga kemaluannya.”

إِلَّا عَلَىٰٓ أَزْوَٰجِهِمْ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَٰنُهُمْ فَإِنَّهُمْ غَيْرُ مَلُومِينَ

 “Kecuali terhadap istriistri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela.

فَمَنِ ٱبْتَغَىٰ وَرَآءَ ذَٰلِكَ فَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْعَادُونَ

“Barang siapa mencari yang di balik itu maka mereka itulah orangorang yang melampaui batas.”

وَٱلَّذِينَ هُمْ لِأَمَٰنَٰتِهِمْ وَعَهْدِهِمْ رَٰعُونَ

 “Dan orang – orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya.”

وَٱلَّذِينَ هُمْ عَلَىٰ صَلَوَٰتِهِمْ يُحَافِظُونَ

 “Dan orang – orang yang memelihara Sholatsholatnya.”

أُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْوَٰرِثُونَ

 “Mereka itulah orang – orang yang akan mewarisi.”

ٱلَّذِينَ يَرِثُونَ ٱلْفِرْدَوْسَ هُمْ فِيهَا خَٰلِدُونَ

 “(yakni) yang akan mewarisi surga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya.


TAFSIR

Berkata Imam Ahmad, beliau meriwayatkan hadist dari Umar bin Khoththob RA., Umar berkata: “Adalah apabila diturunkan kepada Rosululloh SAW., sebuah wahyu maka terdengarlah di sampingnya suara seperti dengung lebah.” Kami diam sejenak, kemudian beliau SAW., menghadap kiblat, mengangkat kedua tangannya, lalu berdo’a:

”Berilah tambahan kepada kami dan janganlah Engkau menguranginya, muliakanlah kami dan janganlah Engkau hinakan kami, berilah kami rizki dan janganlah Engkau tolak, utamakanlah kami dan janganlah Engkau sisihkan kami, ridhoilah kami dan jadikanlah kami ridho.”

Kemudian beliau SAW., bersabda: Sesungguhnya Alloh telah menurunkan 10 ayat, barang siapa yang mengamalkannya, maka dia masuk syurga. Kemudian beliau membaca ayat: “Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman” hingga selesai 10 ayat. (HR. At Tirmidzi dalam Kitab Tafsirnya dan An Nasai dalam Kitab Sholat)

Dan berkata Imam Nasai dalam kitab Tafsirnya, dari Yazid bin Babanuus, ia berkata : “Kami bertanya kepada Ummul Mu’minin (‘Aisyah RA.,) bagaimana akhlaq Rosululloh SAW., ‘Aisyah menjawab : “Adalah Akhlaq Rosululloh SAW., adalah Al – Qur’an.” Kemudian ‘Aisyah membaca “Sungguh beruntung orangorang yang beriman itu” hingga ayat “Dan orang-orang yang menjaga sholatsholatnya. ‘Aisyah berkata: ”Seperti itulah akhlaq Rosululloh SAW.

1. Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman” yaitu mereka beruntung karena akan mewarisi syurga Firdaus, dan mereka orang-orang beriman memiliki sifat – sifat, [(yaitu) orang-orang yang khusyuk dalam sholatnya, dan orang – orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna, dan orang – orang yang menunaikan zakat, dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap istri – istri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela.

Barang siapa mencari yang di balik itu maka mereka itulah orang – orang yang melampaui batas. Dan orang – orang yang memelihara amanat – amanat (yang dipikulnya) dan janjinya, dan orang – orang yang memelihara Sholat – sholatnya.

2. Orangorang yang mereka khusyuk dalam sholatnya yakni orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Robb-nya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-NYA. (Q.S. Al – Baqoroh (2): 46), dengan penuh keyakinan mereka beribadah kepadanya dengan Ikhlas dan sesuai dengan tuntunan Rosululloh SAW. Serta qolbu mereka khusyuk/ yakin, merendahkan diri dihadapan-NYA.

Imam Ahmad meriwayatkan, dari Muhammad bin Hanifah:

Aku mendengar Rosululloh SAW., dia bersabda: “Wahai Bilal bangkitlah, dan tenangkanlah qolbu kami dengan sholat”. (HR. Ahmad)

Setiap adzan berkumandang, kita sering diseru dengan kalimat “Hayya ‘alal Falah” yang artinya “marilah kita mencapai kemenangan”, yakni bila sholat sesuai tuntunan yang di ajarkan Rosululloh dan ikhlas hanya untuk beribadah kepada-NYA dan mereka senang dengan sholatnya itu, maka seruan adzan itu akan bermakna bagi yang mengerjakan shalat tersebut.

3. Dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna

Dari ‘Ali, dari Ibnu Abbas RA:  firman Alloh Ta’ala [dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna], yakni kebathilan. (Tafsir Ath Thobari, atsar No. 19241)

Berkata Al – Hasan: Sesungguhnya hal itu adalah perbuatan kemaksiatan semuanya. (Tafsir Al Qurtubhi, Q.S.Al – Mu’minun (23): 3)

Hendaklah orang-orang mu’min itu menjaga akhlak dan lisannya, dari Nawas Ibnu Sam’an RA., berkata: Aku bertanya kepada Rosululloh SAW., tentang kebaikan dan kejahatan. Beliau bersabda: “Kebaikan ialah akhlak yang baik dan kejahatan ialah sesuatu yang tercetus di dadamu dan engkau tidak suka bila orang lain mengetahuinya.” [HR. Muslim]

Sesungguhnya orang yang paling buruk kedudukannya di sisi Alloh SWT., ialah yang dijauhi manusia karena ditakuti kejahatannya. [Shohih Muslim No. 4693]

Seorang sahabat bertanya, “Ya Rosululloh, yang bagaimanakah orang yang baik itu?” Nabi SAW., menjawab, “Yang panjang usianya dan baik amal perbuatannya.” Dia bertanya lagi, “Dan yang bagaimana orang yang paling buruk (jahat)?” Nabi SAW.,menjawab, “Adalah orang yang panjang usianya dan jelek amal perbuatannya.” (HR. AthThabrani dan Abu Na’im)

Dari  Abu Hurairoh RA, ia berkata: Bahwa ia mendengar Rosululloh SAW., bersabda: “Sungguh ada seorang hamba yang mengucapkan satu kata (buruk) sehingga ia terjerumus ke dalam neraka lebih dalam dari jarak antara timur dan barat.” [Shohih Muslim No. 5303]

Dan di hadits lainnya dari Abu Hurairoh RA., Rosul SAW., bersabda:

“Barang siapa yang beriman kepada Alloh dan hari akhirat, maka hendaklah ia berkata baik atau diam. [Shohih Muslim No.67]

4. Dan orang-orang yang menunaikan zakat,” yaitu mereka menunaikan zakat harta mereka kepada yang berhak menerimanya. Yaitu Sesungguhnya zakat – zakat itu, hanyalah untuk orang – orang fakir, orang – orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu’allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Alloh dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. (Q.S. At Taubah (9): 60)

5. Dan orang-orang yang menjaga kemaluannya.”

6. “Kecuali terhadap istri-istri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela.”

7. “Barang siapa mencari yang di balik itu maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas.” Yaitu mereka yang menjaga kemaluannya kecuali kepada yang telah di halalkan kepadanya menurut syari’at Alloh SWT., dan Rosul-Nya. Maka jika mereka mencari hal-hal yang diharamkan seperti zina, sodomi mereka adalah orang – orang yang melampaui batas yang telah ditetapkan oleh syari’at.

Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk. (Q.S. Al Israa(17): 32)

Dari Ibnu Abbas RA., berkata bahwa Rosululloh SAW., bersabda: Alloh tidak mau melihat kepada laki-laki yang menyetubuhi laki-laki atau menyetubuhi wanita pada duburnya. [HR. Tirmidzi : 1166, Nasa’i : 1456 dan Ibnu Hibban : 1456 dalam Shohihnya.]

8. Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya, yaitu orang-orang yang memenuhi amanah yang dibebankan kepadanya serta memelihara janjinya apabila mereka berjanji, seperti perintah Alloh: “….dan penuhilah janji; sesungguhnya janji itu pasti diminta pertanggungan jawabnya.” (Q.S. Al Israa’ (17):34)

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Alloh dan Rosul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanah-amanah yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui. (Q.S. Al Anfal (8): 27)

Ibnu Katsir berkata dalam tafsir ayat ini: “Alloh Ta’ala memberitakan bahwasanya DIA memerintahkan untuk menunaikan amanah-amanah kepada ahlinya. Di dalam hadits yang hasan dari Samurah bahwasanya Rosululloh SAW., bersabda:

Bahwa orang-orang yang tidak bisa memilihara amanah yang dibebankan kepadanya dan tidak memelihara janji, apabila berjanji, mereka bisa disebut munafik, sebagaimana sabada Rosululloh SAW., dari Abu Hurairah RA., ia berkata:

Ada tiga tanda orang munafik; apabila berbicara ia berbohong, apabila berjanji ia mengingkari dan apabila dipercaya ia berkhianat.[HR. Muslim No. 89]

9. “Dan orangorang yang memelihara Sholatsholatnya,”

Ibnu Mas’ud berkata: Aku bertanya kepada Rosululloh SAW., Amal apakah yang disukai Alloh? Beliau bersabda: Sholat tepat waktu.”Aku bertanya lagi, Beliau bersabda:Berbuat baik kepada orang tua”, kemudian apalagi? Beliau bersabda:”Berjihad dijalan Alloh”.

10. Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi.”

11. (yakni) yang akan mewarisi surga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya.

Inilah janji Alloh SWT., bahwa Surga-NYA hanya untuk orang – orang yang berserah diri pada-NYA, dengan tidak menyekutukan-NYA dengan sesuatu apapun yang tidak akan pernah setara dengan-NYA. Ingatlah, sesungguhnya janji Alloh itu benar, tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui(nya). (Q.S. Yunus (10): 55)

رَبَّنَاوَءَاتِنَامَاوَعَدتَّنَاعَلَىٰ رُسُلِكَ وَلاَ تُخْزِنَا يَوْمَ الْقِيَٰمَةِ  ۖ إِنَّكَ لاَ تُخْلِفُ الْمِيْعَادَ

Ya Robb kami, berilah kami apa yang telah Engkau janjikan kepada kami dengan perantaraan Rosul rosul Engkau. Dan janganlah Engkau hinakan kami di hari kiamat. Sesungguhnya Engkau tidak menyalahi janji.” (Q.S. AliImron (3): 194)

Wallohu A’lam bish Showab.

Rujukan:

  1. Tafsir Ibnu Katsir
  2. Tafsir Ath – Thobari
  3. Tafsir Al – Qurthubi
  4. Terjemah Shohih Muslim
  5. http://almanhaj.or.id

[What a great “choice” isn’t? if you only really know behind your “choice”]

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on 6 July 2012 in Hadits, Islam, Muslimah

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s