RSS

Mutiara Hadits dan Hadits Qudsi Hari Ini

17 Oct

Hasbunalloh Wa Ni’mal Wakil. Berikut adalah hadits – hadits pilihan hari ini:

1. Anjuran Untuk Memperbanyak Amal & Kebaikan di Akhir Hayat

Alloh SWT., berfirman:

“Dan apakah Kami tidak memanjangkan umurmu dalam masa yang cukup untuk berpikir bagi orang yang mau berpikir, dan (apakah tidak) datang kepadamu pemberi peringatan?” (Q.S. Faathir (35): 37)

Subhanalloh, betapa kita harus berpikir untuk apa umur ini masih dipanjangkan Alloh Ar – Rohman sampai detik ini, biarpun kita masih terus melakukan hal yang dilarangnya.

Dari Abu Hurairoh RA., Rosul SAW bersabda:

“Alloh memberi kesempatan kepada seseorang yang dipanjangkan usianya sampai enam puluh tahun.” (H.R. Bukhori)

Tidakkah kita semua malu, bahkan seseorang yang “bergaram” sampai berkata “Saya telah mengecap semua asam garam kehidupan” tetapi masih juga belum kembali dan menyadari siapa dirinya di hadapan Robb – NYA. Dalam riwayat Bukhori dan Muslim lainnya dari Ummul Mukminin Aisyah RA, setelah turunnya surat An – Nashr yaitu sebelum wafatnya Rosul SAW, Rosul SAW sering membaca dalam ruku’ dan sujudnya:

‘Subhaanaka Robbana wa Bihamdika Allohummaghfirlii’

(Maha Suci Engkau Robb kami dan dengan memuji-Mu. Ya Alloh ampunilah aku)

Jadi, tidak ada yang namanya muda foya – foya, tua kaya raya, mati masuk surga. Naudzubillah.

2. Sayangilah Anak Yatim Piatu, Anak Wanita, Kaum Miskin dan Lemah

Alloh berfirman:

“Tahukah kamu orang yang mendustakan Agama? Itulah orang yang menghardik anak yatim dan tidak menganjurkan memberi makan kepada orang miskin.” (Q.S. Al – Maa’un (107): 1 – 3)

“Adapun terhadap anak yatim, janganlah kamu berlaku sewenang – wenang. Dan terhadap orang yang meminta – minta, jangalah kamu menghardiknya.” (Q.S. Adh – Dhuha (93): 9 – 10)

Sedangkan Abu Hurairoh RA., meriwayatkan Rosul SAW bersabda:

“Orang yang mengurus janda dan orang miskin itu seperti yang berjuang di jalan Alloh.” Saya yakin beliau bersabda, “Dan seperti orang yang rajin sholat sunnah malam tanpa pernah merasa lelah, serta seperti orang yang tekun berpuasa yang jarang berbuka.” (Muttafaq Alaih)

Dari Ummul Mukminin Aisyah RA., Rosul SAW bersabda: “Barangsiapa yang diuji dengan anak – anak wanita kemudian ia dapat mengasuhnya dengan baik maka anak – anak wanitanya tersebut akan menjadi tirai baginya dari appi neraka.” (Muttafaq Alaih)

Begitu pula dalam walimahan. Dari Abu Hurairoh RA., Rosul SAW bersabda: “Sejelek – jelek makanan di walimahan di mana yang diundang hanya orang – orang kaya dan orang – orang miskin tidak diundang.” (Muttafaq Alaih)

 

3. Empat Sahabat Rosul SAW yang Dicintai Alloh SWT (Hadits Qudsi)

Sesungguhnya Alloh SWT., menurutt berita yang disampaikan-NYA kepadaku mencintai empat orang diantara sahabat – sahabatku. Mereka bertanya, “Siapakah saja mereka itu Wahai Rosululloh?” Beliau menjawab. “Ali termasuk salah seorang dari mereka, lalu Abu Dzar Al Ghifari, Salman Al Farisi dan Al Miqdads Ibnul Aswad Al Kindi” (H.R. Tirmidzi dan Ibnu Majah)


4. Upaya Rosul SAW menyelamatkan ummatnya pada Hari Akhir (Hadits Qudsi)

Sesungguhnya aku memegang pinggang kalian dari neraka seraya mengatakan “Menjauhlah dari neraka, menjauhlah dari neraka, menjauhlah dari neraka!” Akan tetapi kalian mengalahkanku dan berebutan masuk ke dalam neraka bagaikan kupu – lupu dan laron. Aku hampir saja melepaskan pinggang kalian. Aku adalah orang paling dahulu dari kamu yang sampai di telaga, lalu kamu berdatangan kepadaku dengan berbondong – bondong dan terpisah – pisah. Aku mengenali kalian melalui tanda kalian seperti halnya seseorang yang mengenali unta asing yang bergabung dengan ternak untanya. Lalu ia membawa kalian pergi ke sebelah kiri, sementara aku berseru kepada Robb semesta alam untuk keselamatan kalian, “Wahai Robbku, selamatkanlah ummatku, Wahai Robbku, selamatkanlah ummatku!” Robb berfirman:

“Wahai Muhammad, sesungguhnya kamu tidak tahu apakah yang dibuat – buat oleh mereka sesudahmu. Sesungguhnya mereka berjalan mundur ke arah belakangnya.”

(Diketengahkan oleh Abu Ya’la dan Al – Bazzar melalui Umar bin Khothob RA. Sanad hadits ini berpredikat jayyid dan merupakan bagian dari hadits yang panjang)

Advertisements
 
1 Comment

Posted by on 17 October 2010 in Hadits

 

Tags:

One response to “Mutiara Hadits dan Hadits Qudsi Hari Ini

  1. Elfianti Achyar

    3 February 2012 at 7:42 AM

    اللَّهُــــــــمّے صَــــــلٌ علَےَ مُحمَّــــــــدْ و علَےَ آل مُحمَّــــــــدْ كما صَــــــلٌيت علَےَ إِبْرَاهِيمَ و علَےَ آل إِبْرَاهِيمَ وبارك علَےَ مُحمَّــــــــدْ و علَے آل مُحمَّــــــــدْ كما باركت علَےَ إِبْرَاهِيمَ و علَےَ آل إِبْرَاهِيم فى الْعَالَمِين إِنَّك حَمِيدٌ مَجِيدٌ

    Rindu kami pada mu Y RosululloH, begitu cinta nya dirimu RosululloH S A W pada kami,hingga saat akhir hayatmu teringat pada kami, UMMATI UMMATI UMMATI,d saat d akhirotpun masih mencari dlm neraka,siapa yg sering bersholawat pada ku(RosululloH S A W),mk ia m’dpt syafaat drku ( RosululloH S A W),pertemukan kami D Syurga MU Y Robbanaa . Aamiyn YR’A Y Rohman Rohiym Y Qodir Y Ghofur Y Dzaljalaali wal Ikrom Y Mujib

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s