RSS

Mutiara Sunnah & Hadits Hari Ini

17 Jun

Alhamdulillaah wa Syukurillaah. Laa Ilaaha Illa Anta Subhanaka Inni Kuntu Minadz Dzoolimiin. Berikut mutiara hadits – hadits pilihan untuk hari ini. Semoga sunnah – sunnah Rosululloh SAW selalu menjadi pilihan kita dalam beradab sehari – hari. 1. Haramnya Meratapi Kematian

Dari Umar bin Khothob RA., Nabi SAW bersabda: “Mayit itu disiksa dalam kuburnya karena ia diratapi.” (Muttafaq Alaih)

Dari Ibnu Mas’ud RA., Nabi SAW bersabda: “Tidak termasuk golongan kami orang – orang yang menampar – nampar pipinya dan merobek – merobek bajunya, dan berdo’a dengan do’a ala jahiliyah.” (Muttafaq Alaih)

Dari Abu Malik Al Asy’ari RA., Nabi SAW bersabda: “Perempuan yang meratapi mayat jika sampai tidak bertobat sebelum meninggal dunia, maka ia akan dibangkitkan pada hari kiamat dengan mengenakan baju kurung yang berwarna hitam pekat dengan baju besi yang menimbulkan penyakit kudis.” (HR. Muslim)

Dari hadits – hadits diatas, terdapat perdebatan mengenai boleh tidaknya wanita apalagi wanita hamil ziarah kubur, karena dikhawatirkan akan meratap dan berdampak buruk pada kandungannya, kecuali syubhat – syubhat tersebut dapat dihindari. Lalu, kebiasaan kaum Syi’ah adalah ketika peringatan kematian Imam Husein bin ‘Ali RA., para pria berparade memukul – mukulkan anyaman rantai besi ke pundak kanan – kiri bergantian, benar – benar tidak ada tuntunannya sama sekali.

2. Haramnya Banci – bancian dan Tomboy

Dari Ibnu Abbas RA.,: “Rosululloh SAW melaknati kaum lelaki yang berpenampilan seperti wanita dan melaknati kaum wanita yang berpenampilan seperti lelaki.” (Al Bukhori, Kitab: Pakaian X/345, no 5885)

Dari Abu Hurairoh RA., Nabi SAW bersabda: “Rosululloh SAW melaknati seorang laki – laki yang memakai pakaian seperti seorang perempuan, dan mengutuk seorang perempuan yang memakai pakaian seperti orang laki – laki.” (HR. Abu Daud)

Sudah jelas melanggar kodrat-NYA, apalagi yang sampai transexual, mengganti kelamin. Na’udzubillaahi min Dzaalik.

3. Anjuran Mencintai Karena Alloh SWT

Dari Anas RA., Nabi SAW bersabda: “Barangsiapa yang memiliki 3 sifat ini, niscaya ia akan merasakan manisnya iman; yaitu mencintai Alloh dan Rosul-NYA melebihi segala – galanya, mencintai seseorang hanya karena Alloh SWT, dan tidak mau kembali kafir setelah diselamatkan Alloh sebagaimana ia tidak mau apabila dilemparkan ke dalam neraka.” (Muttafaq Alaih)

Dari Abu Hurairoh RA., Nabi SAW bersabda: “Sesungguhnya pada hari kiamat nanti Alloh SWT akan berfirman; ‘Mana orang – orang yang saling mencintai karena keagungan-KU? Pada hari ini AKU akan menaungi mereka di bawah naungan-KU, dan tidak ada naungan kecuali naungan-KU.’ (HR. Muslim)

Ana Uhibbukum Fillaah. Hmm, masihkah kita mau mengucapkan ungkapan cinta buta? Karena nafsu belaka.

4. Anjuran Menjenguk Orang Sakit

Dari Al Barra’ bin Azib RA.,: “Rosululloh SAW menyuruh kami untuk menjenguk orang sakit, mengiringi jenazah, mendo’akan orang bersin, menepati sumpah, menolong orang teraniaya, memenuhi undangan, dan menyebarluaskan Salam.” (Muttafaq Alaih)

Dari Abu Hurairoh RA., Nabi SAW bersabda: “Kewajiban seorang muslim atas muslim lainnya ada 5; yakni menjawab salam, menjenguk orang sakit, mengantarkan jenazah, memenuhi undangan, dan mendo’akan orang yang bersin.” (Muttafaq Alaih)

Dari Ali RA., Nabi SAW bersabda: “Setiap orang muslim yang menjenguk sesama muslim di pagi hari maka ia akan dimintakan rahmat oleh tujuh puluh ribu malaikat sampai sore hari. Dan jika ia menjenguknya pada sore hari, maka ia akan dimintakan rahmat oleh tujuh puluh ribu malaikat sampai pagi hari, serta ia mendapat suguhan berupa buah – buahan yang siap dimakan di dalam Syurga.” (HR. Tirmidzi)

Subhanalloh, betapa balasan yang luar biasa telah dijanjikan Al Haqq ‘Azza wa Jalla untuk adab mengunjungi orang yang sakit.

5. Anjuran Membaca Sholawat kepada Rosululloh SAW

Dari Abdullah bin Amr Ibnul Ash RA., Nabi SAW bersabda: “Barangsiapa bersholawat kepadaku sekali, maka Alloh akan memberikan rahmat kepadanya sepuluh kali.” (HR. Muslim)

Dari Abu Hurairoh RA., Nabi SAW bersabda: “Sungguh hina orang yang mendengar namaku disebut kemudian ia tidak membacakan sholawat untukku.” (HR. Tirmidzi)

Dari Abu Hurairoh RA., Nabi SAW bersabda: “Janganlah kalian menjadikan kuburku sebagai tempat perayaan dan bacalah sholawat untukku karena sesungguhnya bacaan sholawatmu akan sampai kepadaku dimanapun kalian berada.” (HR. Abu Daud)

Alloh SWT berfirman: “Sesungguhnya Alloh dan para malaikat – malaikat-NYA bersholawat untuk Nabi. Hai orang – orang yang beriman, bersholawatlah kamu sekalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (Q.S. Al – Ahzab (33): 56).

[Lebih baik sederhana dalam Sunnah (dan konsisten dalam menjalankannya) daripada berlebihan dalam Bid’ah. Sepakat?]

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on 17 June 2010 in Hadits, Islam, Muslimah

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s