RSS

“Mengenal Lebih Dekat Kehidupan Pribadi Rosululloh SAW”

14 Jun

PENGAJIAN UMUM:

“Mengenal Lebih Dekat Kehidupan Pribadi Rosululloh SAW”

Majlis Al – Qur’an Al – Wa’yu Al – Islamy

Islamic Village Karawaci

Sabtu, 12 Juni 2010

Ustadz DR. Ahmad Luthfi Fathulloh

Moderator: Prof. Muslim Nasution

[Sudahkah anda mencintai Rosululloh Muhammad SAW dan keluarganya? Sunnah – sunnah apa saja yang sudah diikuti? Jika memang mengaku sudah mencintai Rosululloh SAW dan keluarganya, apakah anda memang sudah mengetahui fakta – fakta berikut?]

1. Kajian dibuka oleh Ustadz Ahmad Luthfi, dengan menanyakan pertanyaan diatas. Lalu disusul oleh pertanyaan untuk majlis yang ada: “Siapakah istri Rosululloh SAW yang paling cantik/ rupawan wajahnya?” Dengan setengah berteriak saya menjawab Shofiyah, Ustadz menjawab ternyata ada 2 istri Rosululloh yang paling cantik. Jawabnya adalah Ummu Salamah dari bangsa Arab, lalu Shofiyah dari bangsa Yahudi yang masuk Islam, yeah bangsa Yahudi. Kaget?

2. Ada 2 wanita yang pernah meminum air kencing Rosululloh SAW; keduanya adalah pembantu di keluarga beliau, yaitu Ummu Aiman dan Ummu Maryam. Diriwayatkan dalam Sirohnya, suatu malam beliau kencing di wadah yang memang disediakan, malam itu juga di tengah kegelapan malam, Ummu Aiman yang terbangun kehausan meminum air dalam wadah yang telah berisi air kencing beliau. Keesokan paginya, ketika Rosul SAW meminta tolong Ummu Aiman untuk membuangnya, ternyata air kencing sudah bersih dan diakui terminum oleh Ummu Aiman. Mendengar hal ini, beliau tertawa dan mengatakan sampai akhir hayatnya Ummu Aiman tidak akan terserang sakit perut, begitulah fakta yang terjadi.

3. Tidak ada istri yang dapat menggantikan Siti Khodijah RA., di hati beliau. Aisyah RA., pun sering dibuat cemburu karenanya. Rosululloh SAW pernah menceraikan istrinya satu kali dan rujuk kembali. Karena istri beliau tersebut sangatlah cerewet!! Buat para istri dan calon istri, berhati – hatilah dengan sunnah yang satu ini. Satu lagi, kecantikan Shoffiyah pernah membuat Aisyah RA., cemburu berat, sampai – sampai ayahnya Abu Bakar RA., hampir – hampir menampar mukanya, tetapi dicegah beliau seraya berkata…”Sabarlah Abu Bakar, begitulah wanita bila sedang cemburu”.

4. Apa warna favorit pakaian beliau? Di 3 riwayat hadits yang berbeda yang diriwayatkan Aisyah RA., pakaian favorit yang pernah dikenakan beliau adalah merah, hijau dan hitam.

5. Berapa ukuran rumah Rosul SAW? Panjang 5 m, Lebar 3.5 m, Tinggi 2.5 – 3 m. Hmmm, banyak diantara kita yang (mungkin) tidak mengikuti sunnah Rosul SAW.

6. Nama – nama lain Rosul SAW, yang tercantum dalam Qur’an dan riwayat:

a. Muhammad

b. Ahmad (Pendeta Bukhoira yang menyatakan demikian setelah melihat tanda keNabian)

c. Abdullah (lihat Q.S. Al – Jin (72): 19)

d. Thoha; ingatlah “…..Ala Thoha Rosulillah…”dan Q.S. Thoha: 1

e. Yaasin.

7. Berapakah mahar termahal beliau diantara istri – istrinya? Mahar termahal beliau adalah untuk Ummi Habibah, senilai 400 Dinar (1 Milyar Rupiah saat ini), yang dibayarkan Raja Najasi.

8. Istri beliau yang paling muda saat dinikahi adalah Aisyah RA., saat berusia 9 tahun yang dicampuri setelah akhil balig. Jadi, omongan Syekh Puji yang menikahi anak berusia 12 tahun adalah bukan sunnah Rosul SAW., melainkan nafsu belaka.

9. Masjid Jin adalah masjid yang dibangun setelah beliau mengalahkan para Jin. Para Jin menantang beliau untuk membuktikan keNabian, Biidznillaah, beliau membuat satu pohon kurma mendekat kepada beliau dan menunjukkan penghormatan padanya. Masjid tersebut didirikan sebagai masjid tempat Rosul SAW memberikan pengajian untuk bangsa Jin yang masuk Islam. Subhanalloh.

10. Rosul SAW biasa mengundi para istrinya untuk giliran menemaninya di berbagai peperangan semasa hidupnya.

11. ‘Aisyah RA., adalah periwayat hadits terbanyak kedua setelah Abu Hurairoh. Sebanyak 2500 hadits diriwayatkan beliau.

12. Kenapa Hari Senin disunnahkan untuk Shaum Sunnah? Karena Rosul SAW., berujar hari Senin adalah hari kelahiran dan wafat beliau.

13. Setelah Haji Wada, Rosul SAW sakit seminggu lamanya sebelum wafat. Diriwayatkan sakaratul maut beliau bagaikan sakaratul maut 2 orang sekaligus.

14. Ketika kondisi beliau semakin mendekati sakaratul maut, Fatimah Az – Zahra bergegas berlari menuju rumah beliau. Beliau sedang berada dipangkuan Aisyah RA., ada pesan terakhir yang dibisikkan membuat Fatimah RA., menangis keras kemudian tertawa bahagia. Hal ini membuat Aisyah RA., bertanya – tanya keheranan tetapi tidak pernah mendapatkan jawaban apa – apa dari Fatimah. Diantara pesan beliau adalah…”Fatimah, akulah sebaik – baik Salaf (pendahulu) mu”.

15. Rosululloh SAW wafat Senin pagi, baru dikuburkan Rabu pagi waktu Dhuha.

16. Rosululloh SAW wafat, dimandikan, dikafani, disholatkan dan dimakamkan di kamar yang sama, yaitu kamar Aisyah RA. Terjawab kan mengapa baru dimakamkan baru hari Rabu waktu Dhuha, berapa kloter sholat Ghoib bergantian untuk beliau.

17. Abu Tholhah adalah penggali kubur makam beliau. Abu Tholhah berasal dari Madinah, menggunakan metoda Lahad.

18. Posisi makam Rosul SAW adalah sebagai berikut:

a. Posisi kepala Rosul SAW menghadap barat, kaki diarah timur

b. Posisi kepala makam Abu Bakar berada dibawa dibawah pundak kiri Rosul SAW

c. Posisi kepala makam Umar bin Khottob berada dibawa dibawah pundak kiri Abu Bakar.

19. Penasaran dengan pesan terakhir Rosul SAW kepada Fatimah? Ternyata yang membuat Fatimah tertawa bahagia adalah Fatimah-lah anggota keluarga pertama yang akan menyusul beliau berpulang kepasa Sang Kholik Azza wa Jalla. Fatimah Az – Zahra wafat 6 bulan setelah kematian Rosul SAW, dalam usia 27 tahun, dijamin akan menjadi Ahli Surga kelak.

20. Merasakan akan tanda – tanda kematian mendekat. Di hari kematiannya, Fatimah meminta pembantunya untuk menyiapkan air untuk mandi. Beliau kemudian menyiapkan sendiri kain kafannya, dilanjutkan sholat lalu berbaring di tempat tidur menunggu Malaikat Izroil. Oleh karenanya, jasad Fatimah tidak dimandikan lagi.

21. Rosul SAW-lah yang akan memberi kita syafaat di akherat kelak, yang akan menolong kita ketika ketentuan-NYA akan Surga – Nerakanya pada kita.

Dari sekian banyaknya sunnah kehidupan dan keluarga Rosul SAW, berapakah yang kita ikuti? Berapakah hadits dan sunnah beliau yang kita amalkan? Sudah punyakah kitab – kitab Hadits semacam Lu’ lu wal Marjan atau Riyadush Sholihin? Benarkah kita menginginkan menjadi Ahlu Sunnah diantara 72 golongan lainnya?

Di akhir pengajian, Ustadz Muslim Nasution membeberkan fakta survey idola keturunan – keturunan kita di sebuah SD. Inilah 3 besar idola anak – anak saat ini:

1. Naruto

2. Cristiano Ronaldo

3. Britney Spears.

Astagfirullohal’adziim, Na’udzu billaahi min Dzaalik.

[Jadi, sudah benarkah anda dan keluarga mengaku mencintai Rosululloh Muhammad SAW dan keluarganya?]

Advertisements
 
3 Comments

Posted by on 14 June 2010 in Hadits, Islam, Muslimah

 

Tags: , ,

3 responses to ““Mengenal Lebih Dekat Kehidupan Pribadi Rosululloh SAW”

  1. Elfianti

    11 January 2012 at 9:58 AM

    Assalaamu’alaykum w rohmatulloH w barokaatuH, ustadz,apa ada lagi,artikel “MENGENAL ROSULULLOH S A W ” selain ini ?( jama’ah masjid Al a’rof , Kwitang ) ,Syukron jazakalloH khoiron katsiron ,BaarokalloH w RohmatulloH fiyH.SubhaanalloH sangat bermanfaat u? diri n ummah.

     
    • Elfianti Achyar

      11 January 2012 at 10:01 AM

      Assalaamu’alaykum w rohmatulloH w barokaatuH, ustadz,apa ada lagi,artikel “MENGENAL ROSULULLOH S A W ” selain ini ?( jama’ah masjid Al a’rof , Kwitang ) ,Syukron jazakalloH khoiron katsiron ,BaarokalloH w RohmatulloH fiyH.SubhaanalloH sangat bermanfaat untuk diri n ummah.

       
      • hanifroad

        11 January 2012 at 10:32 PM

        Wa’alaikumussalam Warohmatullohi Wabarokatuh.

        Waiyyaki, Wa fiiki Barokalloh. Insya Alloh, ke depannya akan lebih diperbanyak tentang artikel sejenis ini. Kajian tentang sunnah Rosululloh SAW., bisa anti lihat juga di kitab – kitab semacam Lu’ lu’ wal Marjan, ataupun siroh Nabawi. Semoga jama’ah masjid Al – A’rof yang ana cintai karena Alloh SWT., selalu istiqomah dan mendapat naungan dan ridho-NYA. Amien.

         

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s