RSS

Audit Eksternal

05 May

اقْرَأْ كِتَـٰبَكَ كَفَىٰ بِنَفْسِكَ الْيَوْمَ عَلَيْكَ حَسِيْبًا (١٤)

“Bacalah kitabmu, cukuplah dirimu sendiri pada waktu ini sebagai penghisab terhadapmu”. (Q.S. Al ‐ Isro’ (17) : 14).

[Karawaci, Present Day]

Setahun sudah penantian dan persiapan itu, berbagai pertemuan training dan konsultasi melengkapi semua penantian panjang demi mendapatkan sertifikasi ISO 9001 dan 14001. Di tengah segala kesangsian dalam persiapan mendapatkannya, di antara keluh kesah tambahan pekerjaan yang menggunung. Pembuatan berbagai SOP, WI, SD, Form dan berbagai requirement lainnya untuk sertifikasi, yang memang benar pendapat lead auditor eksternal pada pembukaan audit eksternal pagi itu, hanya 4 huruf yang bisa membuat keinginan kuat itu tercapai. Hanya 4 huruf… NIAT!!!

Dimulailah audit eksternal 3 hari kemarin. Audit sebenarnya yang benar – benar mengorek dan mengambil sampling secara acak bagaimana NIAT ini untuk mendapatkan selembar kertas pengakuan layak mendapatkan ISO 9001 dan 14001. Tidak ada main mata, tidak ada lip service, tidak ada data yang disembunyikan, yang mungkin masih bisa terjadi di audit internal. NIAT sekali lagi, ntah apa mau sistem SKS – sistem kebut semalam dalam persiapan, anything…ataupun bahkan menit – menit terakhir sebelum giliran audit tiba bagi tiap departemen ataupun komite yang ada. Sungguh, saya pribadi sudah tidak memperdulikan lagi departemen lain ataupun komite lain dalam menit – menit terakhir panggilan giliran audit. Cukup deg – degan juga, karena 1 TEMUAN MAJOR saja bisa membuyarkan semua NIAT ini, menghancurkan persiapan setahun, membuat sia – sia semua training dan konsultasi melelahkan itu.

Giliran panggilan audit itu tiba, semua level document dan catatan mutu dibawa ke hadapan auditor, hanya 1 orang auditor, hanya 1, tetapi do’a kecil itu sempat terpanjatkan juga untuk kelancaran “diskusi”….biarpun hanya Surat “Pembuka”, hanya 7 ayat Ummul Qur’an. Mencoba tenang, biarpun sesekali kaki ini digerak – gerakkan untuk mengusir ketegangan.

SOP dicek, link pencatatan aktivitas ke Form langsung ditunjukkan, acuan penjelasan kerja dari WI dengan Anggaran rumah tangga berupa SD. Detik ke detik, Menit…menit…1 jam lewat. Sampai pertanyaan itu ditujukan khusus buat saya PIC departemen. Sederhana, tapi ntah mengapa lidah ini yang sudah tahu jawaban pertanyaan itu jadi sedikit kelu, apalagi untuk pertanyaan kendala dan penerapan. Apakah saya sendiri tidak konsisten menjalankan aturan main yang dibuat sendiri sesuai peraturan baku yang berlaku? Sebenarnya auditor kemarin tinggal melihat saja kesesuaian aktivitas dan isian pencatatan form, tapi memang benar adanya peribahasa lain di mulut lain di hati lain di perbuatan. Alhamdulillah, memang tidak ada kecacatan dari departemen kerja saya. Well, kecacatan kecil itu justru datang dari aktivitas penerapan departemen lain yang bersinggungan dengan kami. Semua itu mengalir begitu saja, toh mau bohong dan menyembunyikan, jikalau sukses berbohong saat ini, tetap saja auditor akan kembali mengaudit di masa mendatang sesuai jadwal.

***

[Padang Mahsyar, At – Taghobun kelak].

Isrofil telah meniupkan sangkakala keduanya membangunkan penantian sementara kita kelak. Setelah penantian di alam sebelumnya Munkar – Nakir telah menanyakan 3 pertanyaan bagi kita semua, dimulai dengan pertanyaan “Man, Robbuka?”. Mungkinkah kita bisa menjawab pertanyaan yang telah kita persiapkan dan hapalkan di dunia ini? Diriwayatkan pada hari itu semua orang – orang tidak peduli lagi dengan keluarganya. Tidak ada lagi nostalgia kecil pada hari itu, betapa semua orang khawatir akan diri mereka sendiri. Hari dimana matahari berada dekat sekali dari kepala ini. Betapa derasnya keringat akan mengucur saat itu, sampai – sampai ada yang tenggelam oleh keringatnya sendiri. Betapa menakutkannya hari itu!!

Datanglah saatnya Fulan/ Fulanah bin/ binti Fulan maju ke hadapan Alloh Al – Hakim, sebaik – baik dan seadil – adilnya Penghukum. Semua mulut, mata, telinga, kaki, tangan bahkan kulit kita kelak akan bersaksi bagaimana kekonsistenan kita dalam menegakkan Dien-NYA, berharap – harap cemas akan bagaimana hasil isi Form hidup kita kelak yang dicatat Rokib – Atid.

وَكُلَّ إِنسَـٰنٍ أَلْزَ مْنَـٰهُ طَـٰٓىِٕرَهُ فِى عُنُقِهِ ۖ وَنُخْرِجُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَـٰمَةِ كِتَـٰبًا يَلْقَـٰهُ مَنشُورًا (١٣) اقْرَأْ كِتَـٰبَكَ كَفَىٰ بِنَفْسِكَ الْيَوْمَ عَلَيْكَ حَسِيْبًا (١٤) مَّنِ اهْتَدَىٰ فَإِنَّمَا يَهْتَدِ ى لِنَفْسِهِ ۖ وَمَنْ ضَلَّ فَإِنَّمَا يَضِلُّ عَلَيْهَا ۚ وَلَا تَزِرُوَازِرَةٌوِزْرَأُخْرَىٰ ۗ وَمَاكُنَّا مُعَذِّبِينَ حَتَّىٰ نَبْعَثَ رَسُولًا (١٥)

“Dan tiap‐tiap manusia itu telah Kami tetapkan amal perbuatannya (sebagaimana tetapnya kalung) pada lehernya. Dan Kami keluarkan baginya pada hari kiamat sebuah kitab yang dijumpainya terbuka. “Bacalah kitabmu, cukuplah dirimu sendiri pada waktu ini sebagai penghisab terhadapmu”. Barangsiapa yang berbuat sesuai dengan hidayah (Alloh), maka sesungguhnya dia berbuat itu untuk (keselamatan) dirinya sendiri; dan barangsiapa yang sesat maka sesungguhnya dia tersesat bagi (kerugian) dirinya sendiri. Dan seorang yang berdosa tidak dapat memikul dosa orang lain, dan Kami tidak mengazab sebelum Kami mengutus seorang Rosul”. (QS. al‐Isra’ (17) : 13 – 15).

Tulis apa yang kamu lakukan, lakukan apa yang kamu tulis. Tentunya lebih tepat menjadi… Lakukan apa yang telah ditulis-NYA.

…رَبَّنَآ ءَاتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَبَةً وَفِى الْأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّا رِ (٢٠١)

[“Ya Robb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka”. QS. Al-Baqoroh (2) : 201].

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on 5 May 2010 in Islam, Muslimah, Uncategorized

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s